Tugas Membaca Komprehensif
A. Teks Abstrak Asli
MODEL TINDAKAN GURU MENANGGAPI PERILAKU
SISWA DALAM PEMBELAJARAN
Adi Atmoko
Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang
e-mail: adias_65@yahoo.co.id
Abstrak: Model Tindakan Guru Menganggapi Perilaku Siswa dalam Pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antar factor dalam model teoritik tindakan guru dalam pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan causal relationship-explanation terhadap 180 guru SD di kota Malang yang diambil dengan teknik multistage sluster. Data dianalisis dengan Structural Equetion Modeling. Hasil penelitian menunjukan bahwa model structural telah layak dan memperoleh dukungan empiris. Artinya, wawasan kependidikan mempengaruhi anggitan guru terhadap perilaku siswa. Anggitan dan keyakinan emosi guru mempengaruhi stabilitas emosi guru, dan stabilitas emosi mempengaruhi kualitas tindakan guru.
Kata Kunci: perilaku siswa, emosi, tindakan guru, pembelajaran.
B. Hasil Reproduksi
ABSTRAK
MODEL TINDAKAN GURU MENANGGAPI PERILAKU
SISWA DALAM PEMBELAJARAN
Atmoko, Adi. 2011. “Model Tindakan Guru Menanggapi Perilaku
Siswa dalam Pembelajaran”. Dalam jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 17, Nomor 4, Februari 2011, 255-264.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layak atau tidaknya model tindakan guru untuk menanggapi perilaku siswa dalam pembelajaran dan menjelaskan pengaruh factor-faktor dalam model yang di terapkan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan Ex-postfacto tipe causal Relationship Study, sehingga penelitian menggunakan 180 sampel sesuai dengan ukuran sampel ideal untuk analisis (SEM). Sampel diambil dengan teknik multistage cluster sampling dua tahap. Tahap pertama memilih beberapa SD di setiap kecamatan, kemudian tahap kedua memilih responden dalam beberapa sekolah secara acak. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik suatu simpulan bahwa model tindakan guru dalam suatu proses pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini terbukti layak dan didukung dengan pengamatan yang telah dilakukan. Hal ini ditandai dengan langkah yang dilakukan oleh guru sebelum melakukan suatu tindakan. Sebelum melakukan tindakan, guru akan mencari penjelasan yang lebih mendalam tentang perilaku emosional kemudian guru memunculkan respon emosi. Emosi guru yang stabil dan positif ini akan membuat guru tidak lagi bereaksi secara spontan sehingga tindakan guru yang dilakukan menjadi lebih terencana, terkendalai, dan dapat menyesuaikan diri dengan keadaan.
Kata Kunci: perilaku siswa, emosi, tindakan guru, pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar